Rabu, 08 April 2009

Studi Banding Universiti Kebangsaan Malaysia ke Fakultas Geografi UGM

Suasana riuh rendah terasa di Ruang Sidang 1 Fakultas Geografi UGM pagi itu. Sejumlah mahasiswa lintas negara tampak saling asyik berbincang sambil menikmati wedang ronde yang dihidangkan. Tak lama berselang kemudian muncullah para penari yang menampilkan tarian Gambyong dengan gemulai. Suasana tersebut mewarnai acara penyambutan sejumlah mahasiswa Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dalam kunjungan studi banding ke Fakultas Geografi UGM, Senin 6 April 2009 lalu.


(Bapak Suratman memberikan sambutan kepada rombongan Mahasiswa UKM)

Kunjungan studi banding yang dilakukan 19 mahasiswa Fakulti Sains Sosial dan Kemanusiaan UKM dan didampingi 2 orang dosen ini merupakan wujud integrasi studi dengan Fakultas Geografi UGM. Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan follow up yang berwujud kerjasama studi antara kedua pihak. Prof. Dr. Suratman Worosuprojo, M.Sc., dekan Fakultas Geografi UGM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama ini diharapkan dapat berlanjut dengan adanya kolaborasi pendidikan, yaitu paduan dua sistem pendidikan yang saling berbeda, salah satunya diwujudkan dengan pertukaran mahasiswa.



(Ketua BEM KM Geografi, Raras Endarto memberikan sambutan hangat)

Muhammad Syariffudin, Presiden Persatuan Mahasiswa Malaysia, dalam sambutannya menjelaskan gambaran tentang UKM. Fakultas Sains Sosial dan Kemanusiaan Universitas Kebangsaan Malaysia sendiri memiliki tiga jurusan, yaitu Antropologi dan Sosiologi, Geografi, dan Sains Pembangunan. Sementara itu Encik Zaini Sakawi, wakil Department Geography Universitas Kebangsaan Malaysia menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas sambutan yang diberikan pihak Fakultas Geografi UGM. Mereka sengaja memilih Fakultas Geografi UGM karena kesesuaian bidang ilmu khususnya geografi. Mereka menilai bahwa selama ini eksistensi Fakultas Geografi UGM dan lulusannya di dunia internasional cukup baik. Salah satu keinginan mereka adalah dapat melanjutkan studi jenjang S2 di Fakultas Geografi UGM.


(Presentasi Ketua Lawatan UKM)

Acara siang itu diakhiri dengan kunjungan ke beberapa laboratorium yang dimiliki Fakultas Geografi UGM, antara lain Laboratorium Sistem Informasi Geografis, Laboratorium Kartografi Digital, Laboratorium Penginderaan Jauh Dasar dan Terapan, Laboratorium Tanah, Laboratorium Hidrologi dan Kualitas Air, dan juga Museum Peta. Salah satu kesan yang disampaikan oleh Dosen UKM adalah bahwa suasana belajar mengajar di Fakultas Geografi UGM sangat menyenangkan, ditunjang dengan sarana prasarana perkuliahan yang baik, seperti ruang kelas yang besar dan nyaman, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.


(foto bersama Mahasiswa Geografi UGM dan Mahasiswa UKM)

3 komentar:

Nicho mengatakan...

SALUT buat BEM GEOGRAFI

kembangkan sayap_mu dan teruslah berprestasi,..

ggy mengatakan...

Malaysia keter liat REOG!!
hahaha

Bem-KM Geografi UGM mengatakan...

Haha, kata pak langgeng malah nantang tu

Posting Komentar

 
Designed by: bang uud and aziz anak kos