Sabtu, 06 Juni 2009

RAPAT FORUM HUMAS UGM RELATIONSHIP DI KAMPUS BUMI

Pertemuan UGM RELATIONSHIP di Fakultas Geografi rencananya akan membahas tentang kejelasan dari format kegiatan UGM RELATIONSHIP dan langkah apa yang harus dilakukan, tentunya sesuai dengan bidang kami di ranah kehumasan. Sebelum acara rapat yang akan dilaksanakan sabtu (23/5) , diadakan pra UGM RELATIONSHIP senin (18/5), namun hanya dihadiri Mbak Echa (Rezha Azhar-Hukum 05) menko eksternal BEM KM UGM yang disambut Gangga (GEL 07) Kadep JOP. Pada pertemuan pra UGM RELATIONSHIP mereka membahas tentang agenda yang akan dibicarakan pada pertemuan mendatang, Akhirnya diputuskan membahas tentang “TUGU RAKYAT” yang pada pertemuan UGM RELATIONSHIP mendatang BEM, LEM dan DEMA se-UGM akan dibagi-bagi menjadi Komisi-Komisi berdasarkan Rumpun kompleks di UGM (BGMT, FAKES,AGRO KOMPLEKS dan SOSHUM).


Kami dari departemen JOP mendapatkan amanah “UGM RELATIONSHIP” yang kali ketiga dilaksanakan, setelah pertemuan pertama di Fakultas Kedokteran Hewan dan kedua di Fakultas Hukum. UGM RELATIONSHIP merupakan acara rutin dari Forum Humas BEM,LEM dan DEMA se-UGM dan diadakan dengan tujuan sebagai ajang silaturahmi dan tukar pikiran antar departemen kehumasan BEM,LEM dan DEMA se-UGM. Departemen JOP BEM FGE mendapatkan amanah setelah pertemuan kedua di DEMA Fakultas Hukum, yang pada pertemuan kedua tersebut menghasilkan beberapa keputusan yang masih mengambang, karena lemahnya komunikasi antar BEM,LEM dan DEMA se-UGM dan belum begitu intensif, namun dari sisi positifnya BEM KM Fakultas Geografi dan BEM,LEM dan DEMA se-UGM lainnya mendapatkan Koran gratis dari Harian REPUBLIKA yang dihasilkan dari pertemuan kedua tersebut berkat kerjasama yang dijalin BEM pusat BEM KM UGM dengan Harian REPUBLIKA.



Sabtu pagi yang sedikit diselimuti mendung, tak menghalangi kami Departemen JOP selaku panitia untuk mempersiapkan acara sesempurna mungkin. Sekitar 90 menit pukul 06.45 WIB sebelum acara dimulai, Satrio (GEL 07) Ka. Biro Jaringan selaku ketua panitia bersama panitia dari JOP lainnya segera bergegas meminjam kunci ruang 3 pada bapak SKK Kampus Geografi untuk membuka ruang pertemuan, membersihkan ruang, menata media visual dan mengambil konsumsi. Berkat kesigapan seluruh panitia tak sampai satu jam semuanya telah siap, dan kami pun siap menunjukkan profesionalisme sebagai tuan rumah acara ini.


Pukul 08.00 WIB datanglah tiga perwakilan Humas BEM KM Fakultas Teknik yang dikomandani oleh Nalar, acara belum kami mulai karena peserta rapat belum banyak yang datang. Selang 30 menit kemudian datanglah lima perwakilan Humas (Hublu) DEMA Justicia Fakultas Hukum, satu perwakilan dari BEM Fakultas Kedokteran Hewan, satu perwakilan dari DEMA Fakultas Pertanian dan tiga perwakilan dari LEM Psikologi yang dikomandani oleh Joko. Akhirnya rapat pun kami mulai dengan diawali pembukaan Lagu Indonesia Raya untuk memberi spirit Nasionalisme para peserta rapat. Mbak Echa koordinator BEM KM UGM izin akan datang rapat 1 jam lagi, sehingga bahasan rapat belum begitu mendalam dan arahan belum begitu jelas, but show must go on rapat membahas sedikit hal tentang pembicaraan antara Gangga dan Mbak Echa tentang pembentukan komisi-komisi tiap Rumpun dan sedikit review evaluasi agenda UGM RELATIONSHIP pada pertemuan sebelumnya.

Selang satu jam datanglah Mbak Echa, akhirnya rapat berjalan lancar juga karena konseptor dan planner bahasan acara rapat yang lebih berkompeten dapat membimbing arahan jalannya rapat ini. Menurut Mbak Echa selaku koordinator rapat FORUM HUMAS UGM RELATIONSHIP bahwa apapun keputusan rapat kali ini di mata hukum sah dan wajib diikuti oleh BEM, LEM dan DEMA se-UGM lainnya. Banyak sekali pertanyaan yang dilontarkan untuk apa komisi-komisi dibentuk. Di tengah-tengah rapat sekitar pukul 10.00 datang perwakilan Humas 2 orang dari BEM Fakultas Kedoteran Gigi dan 30 menit kemudian datang lagi perwakilan Humas 2 orang BEM Fakultas Kedokteran Umum. Keterlambatan mereka membuat rapat sedikit terganggu, namun tidak menjadi masalah karena mereka juga memiliki agenda organisasi yang tidak bisa ditinggalkan.



Tujuan dari pembentukan komisi-komisi ini ada kaitannya dengan apa yang diutarakan Mbak Echa mengenai “TUGU RAKYAT” atau tujuh gugatan rakyat yaitu klausul dari BEM SI (Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia) untuk memperjuangkan rakyat kecil. Dalam ranah kehumasan, kami FORUM HUMAS UGM RELATIONSHIP bertugas untuk mengangkat isu dalam “TUGU RAKYAT” dan memmublikasikan kepada setiap kalangan. Isu-isu yang diangkat dalam “TUGU RAKYAT” melibatkan multi disiplin ilmu sehingga perlu dibentuk komisi-komisi antar BEM,LEM dan DEMA fakultas se-UGM untuk mengangkat isu-isu tersebut sesuai bidang keilmuan, kapabilitas dan kompetensi sehingga dapat tersampaikan secara benar dan tepat.

Klausul “TUGU RAKYAT” mengangkat tujuh permasalahan sosial-nasional tentang banyak hal, yaitu mengenai masalah hukum, ekonomi, korupsi, pertanian, birokrasi, kesehatan, politik, Kasus Lumpur Lapindo, lingkungan dan lain-lain. Untuk itulah dibagi 5 komisi, antara lain : Komisi Soshum (Fakultas Hukum, Psikologi dan Ekonomi) ; Komisi Fakkes (Fakultas Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi dan Farmasi) ; Komisi BGMT (Fakultas Biologi, Geografi dan Teknik); Komisi Agro Kompleks (Fakultas Pertanian, Kehutanan, Teknologi Pertanian, Kedokteran Hewan dan Peternakan) dan Komisi UGM Relationship sebagai koordinatornnya yang beranggotakan perwakilan dari BEM KM UGM, BEM FGE dan BEM KMFT. Diskusi berlangsung seru setelah dibagikan tugas bahasan yang akan diangkat oleh masing-masing komisi, para peserta rapat pun bersemangat di dalam mengeluarakan ide-ide dan juga solusi sehingga diskusi dan pertemuan UGM RELATIONSHIP sabtu itu tidak menjemukan.



Kehumasan merupakan bagian penting dari suatu organisasi. Humas merupakan cerminan dari organisasi terutama dalam hal pencitraan positif dan supporting unit yang mem back up masalah jaringan, hubungan eksternal dan publikasi. Kami dari Departemen JOP (Jaringan dan Opini Publik) BEM KM Fakultas Geografi akan terus berusaha mengabdikan diri dalam 3 hal yaitu Jaringan-Media-Komunikasi, optimalisasi dari 3 elemen yang menjadi jargon kami tersebut akan terus kami kembangkan demi kepentingan BEM KM Fakultas Geografi khususnya dan Seluruh elemen civitas akademika Fakultas Geografi UGM.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks udah di-upload press releasenya :D/
(satz)

Anonim mengatakan...

Artikel-artikelnya ada di mana ya?

Posting Komentar

 
Designed by: bang uud and aziz anak kos