Rabu, 15 Juni 2011

SIMULASI GEMPA 27 Mei 2011

::Mengenang 5 tahun Gempa 26 Mei 2006::

Pada tanggal 27 Mei 2011 akan diadakan simulasi gempa di fakultas Geografi UGM. Ini merupakan yang pertama di Fakultas Geografi UGM dan di seluruh lingkungan UGM. Sebuah inovasi dari Fakulas Geografi sebegai satu-satunya fakultas yang mendedikasikan diri sebagai fakultas “Enviromentaly Friendly Campus”.
Simulasi gempa akan diadakan sewaktu-waktu di hari itu. Simulasi gempa akan ditandai dengan adanya bunyi sirine di kampus, dan pada saat itu, seluruh civitas akademika akan berkumpul di titik kumpul yang sudah ditentukan oleh fakultas. Sirine akan dibunyikan 2 kali. Sirine yang petama, dan berduasi pendek menandakan adanya gempa kecil dan tidak harus berkumpul di titik kumpul, dan sirine yang ke dua, berdurasi lebih panjang menandakan akan adanya gempa besar. Seluruh Civitas Akademika harus keluar dari ruangan dan berkumpul di titik kumpul yang sudah disediakan.
Panitia akan menyiapkan situasi gempa sebaik mungkin. Panitia-panitia yang ditunjuk akan menuntun seluruh civitas akademika Fakultas Goegrafi. Panitia dengan tenang dan tidak membuat seluruh civitas akademika panik akan menunjukkan jalur-jalur evakuasi yang sudah dibuat. Jalur-jalur evakuasi sudah ditentukan sebelumnya, dan petunjuk-petunjuk mengenai jalur mana yang terdekat menuju titik kumpul sudah terpampang di seluruh lingkungan Fakultas Geografi UGM.

Sirine yang dibunyikan oleh Fakultas
Ketika seluruh civitas akademika Fakultas Geografi sudah berkumpul di titik kumpul, kemudian akan ada penjelasan mengenai gempa. Selanjutnya, akan diberikan pengarahan mengenai bahaya gempa dan apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa, agar dapat menyelamatkan diri dari gempa. Penjelasan akan disampaikan oleh dosen yang ahli dibidangnya. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini akan menjadi penambah ilmu bagi seluruh civitas akademika Fakultas Geografi UGM dan dapat dicontoh oleh Fakultas lain. [adhit]

Sambutan Serta Pemberian Cindera Mata di titik kumpul

0 komentar:

Posting Komentar

 
Designed by: bang uud and aziz anak kos