Sabtu, 31 Desember 2011

PEMIRA 2012 ; LUAR BIASA

Yogyakarta - Rabu , 29 Desember 2011 merupakan hari terakhir dari proses pemungutan suara Pemilu Raya Fakultas Geografi 2012. Secara keseluruhan proses pemungutan suara yang telah dilaksanakan selama 3 hari berlangsung lancar tanpa terjadi pelanggaran dan hambatan yang berarti.

Proses pemungutan suara resmi di tutup pukul 16.00 WIB dan dilanjutkan dengan acara perhitungan suara . Perhitungan suara sendiri di laksanakan di Selasar Fakultas Geografi dan di mulai pada pukul 17.00 WIB dengan dihadiri oleh kedua calon beserta saksi masing-masing , BANWASRA , Bapak Dr. Luthfi Muta’ali, M.T selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan serta mahasiswa Geografi lainnya.

Acara perhitungan suara diawali dengan penghitungan kertas suara secara manual oleh KPF dan kemudian dicocokan dengan berita acara . Dalam perhitungan ini terjadi ketidak sesuaian dengan selisih 7 suara. Namun sesuai dengan kesepakan bersama hal ini tidak dipermasalahkan dan perhitungan dilakukan menurut jumlah surat suara yang ada . Proses perhitungan suara berjalan lancar dan sempat ditunda untuk ibadah shalat Maghrib. Pukul 18.30 WIB acara perhitungan suara dilanjutkan kembali .

Adapun hasil akhir dari perhitungan suara adalah calon dengan nomor urut 1 M. Zain Wicaksono dengan 337 suara , calon dengan nomor urut 2 Anggit Adi Wijaya dengan 159 suara . Sedangkan 12 suara tidak sah , dan 3 suara abstain . Total suara yang terhitung adalah 511 . Jumlah ini kembali mengalami selisih dua suara dengan jumlah surat suara yang telah dihitung pada awal acara perhitungan . Namun karena tidak ada keberatan yang diajukan oleh kedua calon , hasil perhitungan inilah yang kemudian di sahkan .

Dengan demikian , calon ketua BEM KM Fakultas Geografi 2012 terpilih adalah calon dengan nomor urut 1 M.Zain Wicaksono . Mahasiswa Geografi dan Ilmu lingkungan angkatan 2009 ini unggul 178 suara dari calon nomor urut 2 Anggit Adi Wijaya .

Anggit Adi Wijaya menyadari bahwa inilah hasil dari proses demokrasi yang telah dilaksanakan . Anggit mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya. Kekalahan ini tidak akan menghentikan kontribusi Anggit pada BEM dan fakultas geografi . Anggit berharap calon yang terpilih dapat mengemban amanah dari mahasiswa Geografi untuk membawa Geografi ke arah yang lebih baik .

Calon terpilih , M. Zain Wicaksono sendiri mengatakan bahwa ini adalah Pemira yang luar biasa dengan peningkatan partisipasi pemilih yang signifikan dari tahun lalu. Zain berharap semua pihak termasuk pendukung calon nomor urut 2 dapat bekerja sama dan berkontribusi dalam memajukan Geografi . Dukungan tersebut menurut Zain sangat penting karena dalam memimpin ia tidak sendiri . Zainpun terbuka akan kritik dan saran yang tertuju kepadanya.

Dengan terpilihnya M. Zain Wicaksono sebagai ketua BEM KM Fakultas Geografi 2012 , berakhirlah pula serangkaian acara pesta demokrasi PEMIRA fakultas Geografi 2012. Jumlah partisipasi pemilih pada PEMIRA 2012 ini mengalami peningkatan dari pemira sebelumnya dan hal ini merupakan salah satu indikasi bentuk kepedulian dan tanggungjawab mahasiswa dalam memajukan kegiatan kemahasiswaan di kampus Geografi . (ifa)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Designed by: bang uud and aziz anak kos