Sabtu, 31 Desember 2011

Pemungutan Suara PEMIRA 2012 Hari Pertama

Yogyakarta – Setelah acara Launching dan Debat Calon Ketua BEM Fakultas Geografi 2012 sukses dilaksanakan , Selasa 27 Desember 2011 serangkaian acara pesta demokrasi Pemilu Raya Fakultas Geografi 2012 mencapai puncaknya. Puncak dari serangkaian acara PEMIRA 2012 ini adalah pemungutan suara untuk menentukan siapakah sosok yang akan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan BEM Fakultas Geografi dari tangan Muhammad Izzudin . Pemungutan suara sendiri dilaksanakan selama tiga hari , mulai tanggal 27 Desember 2011 hingga tanggal 29 Desember 2011 bertempat di selasar fakultas Geografi.

Jalannya pemungutan suara di hari pertama berlangsung lancar, dan tidak terjadi pelanggaran hanya saja keadaan TPS kurang kondusif karena masih banyaknya mahasiswa yang berkerumun ketika proses penyoblosan . Total mahasiswa yang telah menggunakan hak suaranya di hari pertama berjumlah 176 mahasiswa . Dari data yang diperoleh dari Komisi Pemilihan Fakultas , jumlah partisipasi terbesar masih berada di angkatan 2011. Sedangkan untuk angkatan lain partisipasi dalam pemilihan pada hari pertama ini masih kurang .

Hambatan yang terjadi pada pemungutan suara hari pertama adalah masih banyaknya mahasiswa yang tidak mengetahui persyaratan yang harus dibawa ketika memilih . Untuk dapat menggunakan hak suaranya , mahasiswa harus menunjukan KTM kepada panitia . Apabila berhalangan dan tidak dapat menunjukan KTM , pemilih dapat menunjukan kartu perpustakaan Geografi maupun kartu GMC. Diharapkan untuk dua hari kedepan , pemilih dapat melengkapi persyaratan sehingga dapat menggunakan hak suaranya.

Partisipasi mahasiswa Geografi baik S1 maupun D3 yang memiliki hak suara sangat dibutuhkan sebagai bentuk partisipasi mahasiswa geografi dalam proses perubahan fakultas Geografi menjadi lebih baik . Hal tersebut juga disampaikan oleh Bapak Dr. Luthfi Muta’ali, M.T . Beliau menghimbau semua mahasiswa geografi S1 dan D3 yang memiliki hak suara untuk menggunakan hak pilihnya sebagai bentuk tanggungjawab bersama dalam memajukan kegiatan kemahasiswaan di kampus Geografi . Selain itu beliau juga menghimbau agar mahasiswa menggunakan hak pilihnya dengan penuh tanggungjawab dan memilih sesuai dengan hati nurani .

Untuk itu bagi mahasiswa Geografi yang belum menggunakan hak suaranya , diharapkan segera menggunakan hak suaranya untuk menghindari antrean yang biasanya terjadi di pemungutan suara hari terakhir . Adapun penghitungan suara dan deklarasi Ketua BEM Geografi 2012 terpilih akan dilaksanakan pada hari Kamis , 29 Desember 2011 . (ifa)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Designed by: bang uud and aziz anak kos