Selasa, 10 April 2012

Bhakti Pantai BEM KM FGE 2012


BAKTI PANTAI





Hari Sabtu tanggal 31 Maret 2012 yang lalu, Departement Sosial Masyarakat BEM KM FGE UGM mengadakan acara Bakti Pantai di Pantai Kuwaru. Acara Bakti Pantai ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret, wujud kegiatan ini adalah kerja bakti membersihkan sampah yang ada di sekitar Pantai Kuwaru. Kegiatan yang dikuti oleh sekitar 40 orang yang semuanya adalah anggota BEM KM FGE UGM ini berlangsung sangat meriah.
Dalam pemberangkatan dibagi menjadi 3 kloter, kloter pertama berangkat pukul 07.00 WIB, kloter kedua pukul 11.00 WIB, dan kloter terakhir yaitu kloter ketiga berangkat pukul 13.00 WIB.
Kloter pertama berangkat pukul 07.00 WIB dan sampai di Pantai Kuwaru pukul 08.30 WIB dengan jumlah peserta hanya 5 orang. Setelah sampai di Pantai Kuwaru, sudah banyak para warga dan anggota Polisi Air Pantai Kuwaru yang kerja bakti. Hal yang kami lakukan adalah langsung turun membantu warga (masyarakat) untuk kerja bakti, yaitu dengan mengambil sampah plastik yang ada di sekitar pantai dan membakarnya di tempat yang sudah disediakan. Kerja bakti pertama selesai pukul 10.30 WIB.
Acara selanjutnya adalah sarasehan bersama warga tentang menjaga kebersihan lingkungan pantai. Acara sarasehan ini dihadiri oleh Kepala Polisi Sektor Kuwaru, Kepala Polisi Air Pantai Kuwaru, Kepala Warung Pantai Kuwaru, dan Ketua RT 03 Desa Kuwaru. Dalam sarasehan ini disampaikan bahwa warga sekitar cukup terganggu dengan banyaknya sampah yang berserakan di sekitar pantai. Kita tahu bahwa sampah (plastik, khususnya) usianya panjang. Sampah jenis ini susah dan lama bila diuraikan. Kondisi demikian mengganggu terutama bagi warga yang bermatapencaharian sebagai nelayan, karena dengan lingkungan yang tercemar sangat berpengaruh terhadap kualitas ikan yang ada di laut. Sampah-sampah yang ada di pantai bila ditelusuri juga berasal dari sungai-sungai yang ada di sekitar pantai. Masih banyak masyarakat yang kurang memperhatikan kebersihan lingkungan dengan membuang sampah di sungai. Warga sekitar pantai juga mengharapkan adanya kesadaran dari masyarakat lain untuk tidak membuang sampah di sungai, usulannya adalah dengan dibuatkan papan tulisan himbauan agar tidak lagi membuang sampah di sungai. Kemudian permintaan akan tempat sampah, karena dirasa fasilitas tempat sampah di sekitar Pantai Kuwaru masih kurang. Dalam sarahsehan ini pula disinggung tentang perlu adanya pengelolaan dari sampah, terutama sampah plastik. Karena dari sampah-sampah plastik tersebut dapat dimanfaatkan menjadi barang baru, istilahnya pemanfaatan barang bekas menjadi barang guna. Maka diharapkan bagi kita yang mempunyai ide untuk pemanfaatan barang bekas menjadi barang guna, bisa dibagikan dan diajarkan kepada warga di sekitar Pantai Kuwaru. Dan terakhir dari acara sarasehan ini diharapkan para warga dan pengunjung pantai bekerja sama untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Sarasehan selesai pukul 12.30 WIB, saat itu juga 12 orang yang berangkat di kloter dua sampai di Kuwaru. Sampai di Kuwaru, kami segera ishoma.
Selesai ishoma, kembali kami membersihkan pantai dengan cara mengambil sampah plastik yang ada di sepanjang pantai di sisi barat pantai. Sistem membersihkannya yaitu dengan berkelompok. Kelompok dibagi menjadi 3 (tiga) yang di mana satu kelompoknya berisi 4 (empat) orang. Fokus lokasi yang kami bersihkan adalah bagian pantai yang ada di sisi barat dari jalan masuk. Kelompok satu membersihkan bibir pantai, kelompok dua membersihkan lingkungan tepi pantai di bawah pohon cemara, dan kelompok tiga membersihkan sampah di jalan pasir depan warung-warung. Sampah-sampah yang diambil terutama sampah plastik yang kemudian dikumpulkan dalam kantong plastik. Bila sudah terkumpul banyak, lalu dibuang di tempat khusus pembakaran sampah.
Ketika bersih pantai bagian kedua hampir selesai, waktu menunjukkan pukul 15.15 WIB. Dari timur tampak rombongan kloter tiga dengan jumlah peserta kira-kira 13 orang datang. Kemudian kami ishoma. Selesai ishoma, kami semua berkumpul untuk forga, forum keluarga. Forum keluarga ini menjadi saat-saat yang mendebarkan pagi para pengurus BEM KM FGE UGM khususnya bagi teman-teman yang open recruitment 2. Mengapa demikian? Karena di Pantai Kuwarulah dibacakan pengumuman penempatan (ploting) bagi teman-teman baru. Setelah pengumuman dibacakan, kemudian kami memperkenalkan diri masing-masing di depan forum. Selesai perkenalan didepan forum, kami lotisan bersama. Wajah-wajah ceria tampak menyatu bersama tiupan angin pantai di sore hari. Kebersamaan yang sungguh indah.
Lotisan selesai dan kami semua sudah kenyang, acara selanjutnya adalah acara yang paling ditunggu-tunggu, yaitu foto bersama. Kami semua turun ke tepi pantai untuk berfoto-foto. Suasana semakin indah karena ketika kami berfoto-foto tepat ketika matahari mulai tenggelam. Selesai berfoto-foto, kami segera membereskan tempat dan segera mengemasi barang bawaan. Dan pukul 17.10 kami berpamitan kepada warga setempat dan langsung pulang ke rumah masing-masing.


Marcelina Dian Christyanti
Staff SOSMAS BEM KM FGE

0 komentar:

Posting Komentar

 
Designed by: bang uud and aziz anak kos