Jumat, 15 April 2011

FAKULTAS GEOGRAFI GELAR RANGKAIAN ACARA HARI BUMI-LINGKUNGAN

Yogyakarta- Fakultas Geografi UGM dikabarkan akan menggelar serangkaian acara hari bumi dan lingkungan hidup. Rencananya, rangkaian peringatan HBL ini akan dibuka pada tanggal 21 April 2011 yang akan diselenggarakan di selasar Fakultas Geografi UGM dengan menghadirkan ketua Ikatan Geografiawan Indonesia dan dilanjutkan orasi tokoh nasional perduli lingkungan, Dorodjatun Kuncoro.
Peringatan hari bumi ini pertama kali dicanangkan oleh John McConnel, profesor sekaligus aktivis lingkungan. Moment peringatan hari bumi ini dicanangkan sebagai peringatan akan aktivitas manusia yang seringkai berdampak buruk terhadap bumi. Sehingga sejak saat itu, hari bumi diperingati setiap tanggal 22 April. Bersamaan dengan momen pembukaan rangkaian acara HBL ini, panitia juga melakukan kampanye emition free day atau hari tanpa emisi se-dunia. Kampanye dilakukan dengan menutup akses Fakultas Geografi dari kendaraan bermotor. “Kami akan menutup jalan klaster di depan, dan melarang masuknya berbagai jenis kendaraan bermotor. Untuk itu, kami akan bekerjasama dengan Fakultas MIPA dan Biologi, karena jalan yang akan kami tutup itu tidak sekadar menutup akses ke Fakultas Geografi, tapi juga MIPA dan Biologi, “ begitu tutur Tina Rahim, ketua panitia rangkaian acara HBL. Rencananya, penutupan jalan ini akan dilaksanakan mulai pagi, sekitar pukul 05.00 sampai pukul 21.00 WIB.
Lebih jauh, rangkaian acara peringatan hari bumi-lingkungan ini akan dilaksanakan dari tanggal 21 April sampai 4 Juni 2011. Ketika dikonfirmasi mengenai kegiatan ini, Muhammad Izzudin, Ketua BEM KM Fakultas Geografi menyebutkan agenda yang digelar memang tidak sedikit. “Kami berupaya menghimpun semua kegiatan yang diselenggarakan sebagai peringatan Hari Bumi-Lingkungan yang ada di Fakultas Geografi. Jadi tidak hanya BEM yang mengadakan kegiatan, kegiatan yang dilakukan UKM-HMJ juga kita himpun, “ begitu kata Zudin, panggilan akrab pria asal Blitar ini.
Diantara agenda yang ditargetkan berskala besar, ada Orasi Lingkungan Nasional yang dijadwalkan pada tanggal 3 sampai 5 Juni 2011. Rencananya Orasi Lingkungan ini akan mengundang tokoh-tokoh pemrakarsa lingkungan hidup serta berbagai lembaga mahasiswa se-Indonesia. Tujuannya, dengan agenda tersebut akan tercetus ide-ide pembaharu mengenai permasalahan lingkungan hidup dari sudut pandang mahasiswa dan ahli lingkungan.
Selain itu, rencananya akan diselenggarakan pula aksi Tanam 1000 Pohon di Desa Sempu, Aksi Sosial pada tanggal yang sama di Glagahaharjo, Sepeda Gembira, Pentas Teater Bumi, dan belasan agenda lain yang bertajuk peringatan Hari Bumi-Lingkungan.
Peringatan Hari Bumi Lingkungan ini ditujukan sebagai salah satu bentuk kepedulian pemuda dan mahasiswa terhadap permasalahan bumi dan lingkungan yang makin merebak belakangan ini. Sampai berita ini diturunkan, panitia masih berkonsentrasi untuk mempersiapkan rangkaian acara Hari Bumi - Lingkungan ini. Kita tunggu kabar selanjutnya. [novi]

0 komentar:

Posting Komentar

 
Designed by: bang uud and aziz anak kos