Jumat, 29 April 2011

SERUAN 2 MEI 2011!!!! FRONT AKSI MAHASISWA UNTUK HARI PENDIDIKAN NASIONAL

SERUAN AKSI !!

[Gabungan Berbagai Elemen Gerakan Mahasiswa]



Setiap tanggal 2 Mei diperingati oleh segenap rakyat Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Aktivitas seremonial dilakukan oleh berbagai elemen, utamanya birokrat dan kalangan pendidikan. Hari tersebut menjadi sebuah perayaan simbolik atas pendidikan untuk rakyat Indonesia.

Akan tetapi, apakah realitas y...ang ada sudah sesuai dengan perayaan simbolik yang gemerlap tersebut?

Setiap 2 Mei, kita menghadapi paradoks banyaknya rakyat miskin yang tak mendapat akses pendidikan.

Setiap 2 Mei, kita menghadapi problem berupa kian mahalnya pendidikan tinggi, terutama di kampus-kampus besar, tak terkecuali UGM.

Setiap 2 Mei, kita menghadapi masalah komersialisasi kampus yang kian menjadi-jadi, di mana setiap fasilitas pendidikan kian mahal, tak terjangkau bahkan untuk mahasiswanya sendiri.

Setiap 2 Mei, kita menghadapi pendidikan yang tidak diarahkan untuk membebaskan rakyat dari kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan -mengutip Hassan Hanafi- tapi justru menciptakan intelektual menara gading yang sibuk dengan urusan akademiknya sendiri.

Setiap 2 Mei, kita menghadapi problem buruh yang terus dihisap tenaganya oleh kapitalisme, sementara pendidikan kita terus mereproduksi kesenjangan dan terus menciptakan teknokrat serta pengusaha yang menindas buruh.

Setiap 2 Mei pula, kita menghadapi pendidikan yang justru membungkam para intelektual untuk bersikap kritis, dengan berbagai bentuk pemboikotan terhadap organisasi gerakan berdalih pembinaan.

Akankah kita diamkan realitas tersebut di negeri ini?

Untuk menyikapi permasalahan kapitalisasi pendidikan yang kian akut di negeri ini,sejumlah elemen gerakan akan mengawal isu ini dengan menggelar aksi pada tanggal 2 Mei ini. Sebab itu, kami mengundang segenap mahasiswa Fakultas Geografi, yang masih peduli dengan nasib bangsa, yang masih pantas untuk hadir pada:

Aksi Hari Pendidikan Nasional
Hari dan Tanggal : Senin, 2 Mei 2011
Waktu : 07.00 s.d selesai
Tempat : Kumpul di Sagan GK V, kemudian bergerak ke tempat aksi
Isu yang diangkat :
1. Komersialisasi Pendidikan
2. Demokratisasi Kampus


MARI KIBARKAN BENDERA KITA, KAWAN-KAWAN!
Hidup Persatuan Perjuangan! Lawan Penindasan!
Gerakan Mahasiswa, Bersatulah!

"Mereka Dirampas Haknya, tergusur dan lapar, bunda relakan darah juang kami, 'tuk membebaskan rakyat" (Johnsony Tobing dan Andi Munajad, "Darah Juang")
"Barang siapa ingin menindas orang lain, berarti ia ingin menjadi tuhan. Padahal tiada Tuhan selain Allah" (Syair Syahadat Pembebasan)

1 komentar:

yudi mengatakan...

hasilnya aksinya bagaimanakah?

Posting Komentar

 
Designed by: bang uud and aziz anak kos